Plot Twist

Plottwist (1)

Petang-petang cek timeline-nya @nulisbuku. Pas lagi ngebahas tentang Plottwist. Jujur aku baru pertama mendengar tentang plottwist. Padahal ngakunya mau jadi menulis. Di sini aku mau sedikit share tentang plottwist yang diambil dari TL @nulisbuku (31/7/2015). Niatnya sih reaktivasi lagi setelah dorman beratus-ratus hari sambil mencoba wordpress versi blacberry.

Plottwist adalah perubahan pada jalan cerita atau plot, biasanya terkesan mendadak, tidak disangka-sangka, atau malah mengagetkan pembaca. Plottwist ini bisa ditemukan pada plot novel, film, serial televisi, komik, sampai video game.

Nah, penggunaan plottwist bisa memberi dimensi baru pada ceritamu. Ketika kamu memutuskan membuat plot twist, perhatikan lima hal berikut ini ya:

1) Buatlah plot twist yang unik. Lakukanlah riset mengenai jenis plot twist apa yang bisa dan sesuai diterapkan dalam ceritamu.
2) Plot twist harus dieksekusi dengan cerdas dan dipersiapkan dengan baik. Samarkan dengan hati-hati, sehingga pembaca tidak mudah menebak.
3) Plot twist bukan sekadar hanya untuk mengejutkan pembaca. Plot twist harus punya fungsi terhadap cerita.
4) Plot twist menciptakan situasi menarik yang membuat pembaca penasaran. Jika pembaca bisa menebak plot twist-mu sebelum saatnya, twist tersebut harus bisa menghasilkan situasi yang menarik hingga pembaca tetap penasaran.
5) Plot twist adalah bagian cerita. Fokus membangun twist yang keren memang bagus, tapi jangan sampai mengabaikan bagian cerita lainnya.

Bersambung 🙂

@Rina_Darma13

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.