#Liga1 Review Persib Bandung 2 – 2 Borneo FC; Belajar dari Kelengahan

 

IMG-20170520-WA0004


Stadion GBLA jelang laga #Liga1 antara Persib Bandung dan Pusamania Borneo Sabtu, 22 Mei 2017; Foto by @chidarma

Tim Maung Bandung turun full team. Michael Essien yang biasa masuk lapangan hijau sebagai pemain pengganti juga menjadi starter. Borneo FC secara ball possesion tidak unggul dari Persib Bandung. Namun, justru bobotoh yang memenuhi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dibuat terkesiap oleh sepakan Riswan Yusman (78) yang melewati dua center back di menit ke-16. Gol mengejutkan untuk tim asuhan coach Djajang Nurjaman juga pemirsa yang bakal mengira kalau Persib berpeluang lebih besar untuk mencetak gol terlebih dahulu.

Tak selang waktu lama kelengahan Persib Bandung segera ditutup di menit ke-23 dengan gol cantik dari Gian Zola (8). Sebuah gol yang lahir dari tendangan kaki kiri menghunjam gawang Borneo. Persib menyamakan kedudukan. Persib kemudian membalikkan keadaan lewat Vladimir Vujovic (3) di menit ke-28. Keunggulan 2-1 membuat Persib menurunkan tempo permainan. Kelengahan ini membuat para pemain Borneo FC mampu mengembangkan permainan. Jantung pertahanan Pesib Bandung lemah. Dalam komentarnya di Gojek Traveloka Liga 1 yang disiarkan oleh TV One, Bung Yusuf Kurniawan juga menyayangkan hal ini. Persib malah mengendorkan serangan, memberi kesempatan lawan berkembang. Pusamania Borneo mudah melakukan umpan silang dan masuk ke area kotak pinalti. Banyak peluang yang didapatkan. Namun, kualitas finishing membuat Borneo belum bisa menyamakan kedudukan babak pertama berakhir.

Begitu kick off babak kedua dimulai pertandingan berlangsung dalam tempo sedang. Kemungkinan para pemain sudah kelelahan. Saya melihatnya juga mulai ngantuk-ngantuk 😀

Sampai akhirnya, Persib Bandung mendapat hadiah penalti. Tak seperti eksekusi penalti di pertandingan sebelumnya saat melawan Persipura, kali ini berakhir dengan Essien (5) memegangi kedua kepala dengan kedua tangannya. Tendangan akuratnya melenceng jauh ke atas mistar gawang. Ia kehilangan fokus sebab ia memandang mata penjaga kiper Borneo Muhammad Ridho (20) bukan melihat gawang. Eksekusi ini terkesan meremehkan. Fokus pada bola hilang, setidaknya begitu kata Bung Yuke.

Kegagalan tendangan melalui titik putih ini membuat pertandingan kembali hidup. Pusamania Borneo bangkit. Lini pertahanan Persib Bandung dibuat kocar-kacir. Strategi menurunkan tempo permainan membuat Borneo mendapat angin. Hal ini harus dibayar mahal oleh Tim Maung Bandung di menit 88 saat tendangan spekulasi Matheus (4) merobek gawang M Natshir (1) di hadapan publik sendiri. Tim asuhan Ahmad Amirudin berhasil menyamakan kedudukan dan mencuri poin di kandang lawan. Seperti mengulang laga Persib Bandung melawan PS TNI di menit-menit krusial PS TNI juga berhasil menyamakan kedudukan 2-2.

Permainan sepak bola memang susah ditebak. Seperti bola itu yang bulat dan beputar. Selagi masih ada waktu, selagi sang pengadil lapangan hijau belum meniup peluit panjangnya segala masih bisa berubah. Secara kualitas dan dukungan suporter tak ada yang meragukan tim yang dikapteni Atep (7) ini. Namun, hasil akhir berkata lain. Ya, belajar dari laga ini. Kelengahan bisa membuat aroma kemenangan menjauh. Kelengahan di babak pertama membuat lawan berhasil mencuri gol terlebih dahulu. Akibat kelengahan berikutnya di menit-menit akhir babak kedua juga membuat pemain belakang Pusamania Borneo mampu menyarangkan bola ke gawang kembali.

Pusamania Borneo layak diacungi jempol. Bermain tandang ke Bandung bukanlah hal mudah. Tak banyak tim yang berhasil mencuri poin di sini. Gemuruh ribuan bobotoh di GBLA kadang menyiutkan mental lawan terlebih dahulu. Kualitas pemain Persib Bandung yang bertabur bintang juga sudah tak diragukan lagi. Tapi selalu manfaatkan celah dan peluang sekecil apapun itu. Jangan menyerah dan semua akan berakhir indah bukan?

 

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.