Belajar Konsisten dan Disiplin Nge-Blog, Bisa!

Good Morning Sunshine!

ODOP apa sih itu? One Post One Day merupakan salahsatu program Blogger Muslimah untuk para anggotanya agar mem-posting satu tulisan setiap hari di blog masing-masing. Waktunya selama bulan Agustus 2017 terhitung dari tanggal 1 sampai 31. Link tulisan wajib disetorkan kepada penanggung jawab (PJ) setiap harinya dengan hastag #ODOP dan #BloggerMuslimahIndonesia. Isi tulisan bisa disesuaikan dengan niche masing-masing blog dengan minimal 300 kata. Sepertinya gampang ya? Let’s see hingga akhir bulan nanti ya. Semoga bisa istiqomah 🙂

Nah, mengawali postingan #ODOP hari pertama adalah tulisan wajib dengan tema, Motivasi Mengikuti ODOP Blogger Muslimah Indonesia Ketika saya membaca status di group Facebook Blogger Muslimah terkait #ODOP tak perlu berlama-lama untuk mendaftarkan blog saya ini. Kenapa?

  1. Memaksa diri untuk konsisten nge-blog. Konsisten itu satu kata yang terdengar gampang tapi penuh aral ketika menjalaninya. Bahkan blogger sekelas Mbak Carolina Ratri pun mengakui hal ini. Dalam artikelnya “Konsisten Menjadi Blogger – Apakah Sesulit Itu?” ia membagi tips supaya bisa lebih konsisten nge-blog di antaranya enjoy the ride, temukan ritme, mulai dari yang kecil, mempunyai blog junjungan, dan keep your mind (and ear, and eye) open.
  2. Supaya disiplin membuat postingan. Konsisten dan disiplin sepertinya tidak jauh berbeda ya. Melalui #ODOP ini saya belajar disiplin atau mematuhi apa yang sudah saya putuskan. Begitu juga dengan memutuskan menjadi blogger seharusnya saya bisa lebih disiplin tidak hanya menganggap blog sebagai sampingan. Membuat postingan sekedarnya dan ala kadarnya saja. Tapi bagaimana disiplin membuat post yang berkualitas dan konsisten.
  3. Memperkuat tali silaturahim dan menambah jejaring. Sebagai makhluk sosial tentu kita tidak bisa hidup sendiri. Meskipun dunia blog berada di dunia maya bukan berarti kita tidak membutuhkan untuk bersosialisasi. Lewat #ODOP saya mengharapkan tidak menjadi blogger yang soliter tapi terintegrasi dalam komunitas yang saling berlomba-lomba dalam kebaikan, saling menimba ilmu antar blog. Kemudian, di lain kesempatan bisa berpartisipasi dalam kopdar seperti program yang direncakan oleh Komunitas Blogger Muslimah Indonesia.
  4. Keep on the track. Setiap blogger pasti mempunyai tujuan ketika membuatnya. Untuk mencapai tujuan tidaklah mudah. Pasti sesekali angin akan meniup dan mengombang-ambingkan kita. Nah, saat layar terhembus angin atau semangat kita mulai goyah, saat itulah kita membutuhkan pegangan atau butuh something untuk menjaga semangat. Semoga #ODOP akan membantu saya tetap di track untuk terus menulis dan berkarya.

Itulah motivasi saya ikut #ODOP. Temans pastinya memiliki motivasi sendiri. Apapun motivasi itu, semoga lewat #ODOP kita sebagai blogger makin bertumbuh dan berkembang. Amiin 🙂

#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.