Mengapa Harus Mengenal (Memilih) Bank Ganesha?

Mengapa Harus Mengenal (Memilih) Bank Ganesha?

Memilih layanan perbankan bukanlah hal gampang di era semakin kompetitif. Banyak yang harus menjadi pertimbangan agar tak menyesal di kemudian hari. Lebih baik cerdas memilih dan memilah sebelum tergiur membuka akun lalu terbengkalai karena berbagai promo yang ditawarkan ternyata tak sesuai.

Setidaknya ada empat hal mendasar yang bisa menjadi pertimbangan. Di antaranya:

1. Trust

Merupakan syarat pertama yang aku gunakan dalam memilih layanan perbankan. Logikanya, kita tidak akan mempercayakan harta kepada seseorang yang tidak kita percayai bukan? Terlebih dengan segala jerih payah yang telah kita lakukan untuk memperolehnya.

Caranya dengan mengecek apakah layanan keuangan tersebut diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 tahun 2011, OJK berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Kalau kita sering mendengar investasi bodong, penipuan terkait layanan keuangan lainnya berarti lembaga tersebut belum terdaftar OJK. Sehingga berani “bermain nakal” atau abal-abal.

Selanjutnya, mengecek keanggotaan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Karena jika terjadi sesuatu dengan bank, dana nasabah dijamin sampai Rp 100 juta dari negara. Kalau simpanan kita melebihi Rp 100 juta, sisanya akan dibayarkan setelah seluruh aset bank dilikuidasi.

2. Rasa Aman

Bank Ganesha yang didirikan 15 Mei 1990 dan mulai beroperasi secara komersial pada 30 April 1995 telah terdaftar dan diawasi OJK serta tergabung menjadi anggota LPS. Dengan kedua hal tersebut artinya aku merasa aman kalau akan menggunakan layanan keuangan pada perbankan tersebut. Selain itu, kita tidak dibuat was-was simpanan kita melayang jika bank dinyatakan gagal.

3. Track & Record

Sebagai masyarakat yang semakin cerdas, kita juga perlu melihat track & record sebuah bank. Bank Ganesha selama beroperasinya telah banyak melakukan pencapaian dan mendapat berbagai penghargaan. Termasuk presiden direkturnya adalah seorang perempuan. CEO Surjawaty Tatang menerima penghargaan sebagai Best Emerging Banking CEO in Indonesia tahun 2017.

Penghargaan Bank Ganesha Q1 2018
Penghargaan Bank Ganesha Q1 2018

Penghargaan di awal tahun 2018 ini sangat layak diperoleh. Kinerja keuangan quartal pertama Bank Ganesha (Q1) 2018 menunjukkan trend positif dibanding periode yang sama pada 2017 di tengah persaingan yang semakin ketat.

Laba bersih setelah pajak (diaudit) sebesar Rp 18,47 miliar untuk kuartal pertama tahun 2018, meningkat 8% year-on-year (yoy) dari Rp 17,07 miliar. Penyaluran kredit perseroan selama periode tiga bulan pertama 2018 tercatat Rp 2,81 triliun, tumbuh 15,02% yoy. Pada sisi kewajiban, total Dana Pihak Ketiga juga naik pesat mencapai Rp 3,64 triliun atau naik 45% yoy dari Rp 2,51 triliun. Selain itu, bank masih memiliki tingkat kecukupan modal (CAR) yang solid sebesar 29,9% pada akhir Maret 2018. Hal tersebut dapat menunjang pertumbuhan kredit hingga akhir 2018.

Kinerja Q1 Bank Ganesha
Kinerja Q1 Bank Ganesha

4. Customer Centric

Ke depannya Bank Ganesha memperkuat posisi dengan membangun hubungan berdasarkan pemahaman pelanggan secara mendalam. Selaras dengan filosofi utamanya, “Untuk menempatkan nasabah di hati kami, dalam semua yang kami lakukan akan tetap dan tidak akan berubah”. Dengan pelayanan yang berpusat pada nasabah tentu kita merasa dihargai sekaligus merasa nyaman untuk tumbuh dan menciptakan masa depan keuangan yang lebih baik bersama.

Bagaimana, sudah mulai mengenal Bank Ganesha ya?

Bank Ganesha sudah menemani Indonesia selama 26 tahun. Kantor pusat Bank Ganesha di Wisma Hayam Wuruk lantai 1 dan 2. Memiliki 8 cabang di Jakarta, 2 cabang di Tangerang dan Surabaya, dan 1 cabang di Medan. (Semoga Bandung segera menyusul). Meski demikian, nasabah Bank Ganesha bisa menarik ATM dari seluruh Indonesia. Sebab, ATM telah berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) artinya bisa melakukan transaksi di ATM atau mesin EDC bank lain.

Alamat kantor Bank Ganesha
Alamat kantor Bank Ganesha

Bank Ganesha melayani produk individu dan bisnis. Produk Individu meliputi simpanan, layanan, pinjaman, e-channel, kartu kredit, bancassurrance, dan promo. Unit bisnis mencakup simpanan, layanan, pinjaman, dan e-channel. Selengkapnya mengenai produk layanan bisa langsung mengunjungi laman Bank Ganesha.

Pengalaman Digital bersama Bank Ganesha

Menjawab tantangan digital, Bank Ganesha memiliki tiga produk digital unggulan. Adanya e-channel diharapkan semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses keuangan dalam kehidupan sehari-hari bebas ribet, cukup melalui smartphone atau layar monitor. Untuk mendapatkan tinggal mengunduh lewat play store untuk Android atau app store untuk iOS.

1. BANGGA

BANGGA Bank Ganesha
BANGGA Bank Ganesha

BANGGA merupakan aplikasi mobile untuk mengelola kehidupan keuangan berkualitas dengan menyediakan berita finansial dan gaya hidup, promosi, games, akses untuk donasi dan online banking Bank Ganesha (G-online).Untuk mengenal lebih dekat BANGGA tonton dulu yuk, video berikut:


Fitur-fiturnya menarik ya. Ada berita, promosi, donasi, every day banking (G-online), fast balance, dan fingerprint login. Menu donasi nihyang bagiku cukup menonjol. Jiwa gotong royong dan saling menolong Bangsa Indonesia sudah tidak diragukan oleh siapapun. Jika terjadi bencana atau musibah tanpa perlu diminta, masyarakat Indonesia tanggap dan bergerak cepat dengan apa yang bisa disumbangsihkannya. Fitur donasi akan sangat membantu meringankan beban saudara lain karena kita bisa menolong secepatnya melalui smartphone. Sementara menu  yang tersedia yaitu feed, games, G-online, G-money, contact us, dan info.

2. G-online

G-Online Bank Ganesha
G-Online Bank Ganesha

G-online adalah feature online banking dari Bank Ganesha yang membuat transaksi perbankan lebih mudah cepat, nyaman/fleksibel dan aman. dengan berbagi fitur andalan. Dari informasi rekening, transfer, pembukaan deposito online, pembelian, pembayaran, donasi, top up G-money, informasi (lokasi ATM, cabang dan exchange rates), dan pesan.

3. G-money

G-money Bank Ganesha
G-money Bank Ganesha

G-money adalah dompet elektronik yang dilengkapi dengan fitur uang elektronik atau cash wallet dan link kartu kredit. G-money dapat digunakan untuk berbelanja online maupun offline di merchant-merchant yang telah tergabung.

Keuntungannya: mudah, praktis, bisa bertransaksi kapan saja dan dimana saja, gratis, G-money promo, dan instan top up. Yang bisa dilakukan dengan G-money di antaranya: transfer, tarik tunai di gerai, pembayaran belanja di merchant online dan offline menggunakan QR scan (PaybyQR), minta dana, pembelian pulsa handphone, pembayaran tagihan telepon hingga investasi melalui Bareksa.

Diambil dari salahsatu Dewa Hindhu yang merupakan perlambang kecerdasan, kebijaksanaan, dan pelindung–entah kebetulan atau tidak, aku percaya Bank Ganesha akan menjadi salah satu smart solutions bagi keuangan masyarakat dan pemelihara kestabilan financial negara.

Bagaimana Kompasianer, semakin mengenal Bank Ganesha dan semakin BANGGA bukan?

Ohya, kalau tertarik untuk membuka rekening langsung datang ke cabang ya.

Referensi: http://www.bankganesha.co.id

 

*Artikel ini sudah tayang di Kompasianadengan judul yang sama tanggal 27 Mei 2018 dan mendapat apresiasi sebagai salahsatu dari delapan tulisan favorit dalam Blog Competition yang diadakan oleh Bank Ganesha X Kompasiana 

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.