Seberapa Efektifkah Media Sosial terhadap Blog(er)

Baca judulnya sudah kaya judul skripsi ya hehe… Tapi ga akan serumit itu kok. Ini hanya analisis pribadi saya.

Tapi kenapa memberi judul seperti itu? Karena meski sudah hilir mudik tetap saja kalimat itu yang muncul menjawab tantangan #BPN30daychallenge2018 hari ke -5 tentang media sosial.

Media sosial layaknya bagian marketing penting untuk mendongkrak popularitas suatu blog jika dilakukan dengan benar. Media sosial yang populer di Indonesia berdasarkan katadata yaitu:

Sumber: KataData

Para blogger biasanya memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi konten agar semakin banyak viewers yang digaet. Traffic pun meningkat.

Namun pertanyaannya seberapa efektifkah media sosial dalam mendongkrak popularitas sebuah blog?

Schedule - buffer blog

Sumber: Buffer Blog

Biasanya para blogger akan membagikan konten ke media sosial yang dipunyai termasuk ke group komunitas blogger usai mem-publish tulisan.

Ternyata menurut grafis diatas sekali saja posting di media sosial tidaklah cukup sebab bisa saja saat kita mengupdate media sosial tidak terbaca oleh semua follower. Misalnya untuk twitter, setelah publish dan mencuit, dua jam kemudian kita harus kembali berkicau, hari berikutnya, minggu depan, bulan, depan hingga dua bulan kemudian. Nah, blogger yang biasa melakukan ini setahu saya adalah Sitta Karina. Tapi menurut sayabenar sekali, meskipun itu bukan postingan baru tapi kadang saya terlewat dan karena ada tweet ulangan tersebut saya jadi meng-klik link menuju blog-nya.

Meskipun pengguna twitter di Indonesia hanya 27 persen tapi ini cukup efektif bagi blog saya dibanding link dari media sosial yang lain.

Kondisi ini berbeda-beda untuk setiap blogger. Ada yang bagus di instagram, mungkin facebook, bahkan memaksimalkan group whats app. Begitu juga kita sendiri yang paling tahu jam-jam ramai di media sosial kita. Sehingga kita tidak perlu mentah-mentah meniru kebiasaan blogger yang sudah sukses dalam bermedia sosial. Kita yang lebih tahu, kita bagus di media apa dan mengoptimalkannya untuk mendistribusikan konten sehingga menaikkan traffic blog.

Namun jangan sampai karena sibuk bermedia sosial kita jadi menomorduakan konten blog. Konten blog yang bagus dan berkualitas akan membawa pengunjung balik lagi dan bakal balik lagi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

*Segitu dulu ya, duo krucil sudah gelendotan wkwkwk… *

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.