5 Hobi yang Membuatku Eksis

Kalau ditanya lima fakta soal diri sendiri, hmmm… berarti termasuk hobi kan ya.

Pertama. Suka membaca. Semenjak aku bisa membaca, aku suka membaca. Kalau dirunut kebiasaan membacaku ini diwarisi dari Bapak. Beliau dengan kacamata plus-nya sering duduk di kursi untuk membaca. Bahkan sering sampai ketiduran hehe… Kebiasaan Bapak ini dari aku kecil sampai sekarang sudah mempunyai dua cucu masih konsisten dijalankan. Selain itu, dari kecil Bapak memanjakanku dengan buku. Setiap pulang dari luar kota, Bapak akan membawakanku oleh-oleh buku yang dibelinya dari pengasong di bus. Mulai buku kisah 25 Nabi dan Rasul, dongeng pengantar tidur, dan buku pelajaran lainnya.

Kedua. Suka menulis. Sadar mempunyai bakat menulis sejak SMA makanya memutuskan untuk ikut ekstra jurnalistik. Tapi sudah mulai menulis buku diari sejak SMP kayanya. Dari penulis diari itu makanya suka banget mengoleksi buku diari bahkan sampai sekarang lho. Karena suka membaca dan menulis, alhamdulillah aku sudah menerbitkan satu novel yang berjudul “Halimun” dan terpilih menjadi salahsatu pemenang PSA 2 oleh Grasindo, 2014. Semoga adik-adiknya bisa cepat lahir, doakan ya amiin…

Karena suka menulis, mengantarkanku mengenal blog dan alhamdulillah beberapa tulisan mendapatkan apresiasi.

Baca juga: Kenapa Menulis Blog?

Ketiga. Suka jalan-jalan. Saat SD, anak kecil seusiaku di daerah tempat aku tinggal takut dengan montor pelet (mobil penculik anak) dan onggo inggi (makhluk pemakan anak di sungai) –saat besar baru mengetahui kalau keduanya merupakan rekaan para orang tua agar anaknya tidak main jauh-jauh– aku justru mengoordinir anak-anak untuk ngebolang antah berantah baik itu jalan kaki atau naik sepeda. Tempat favorit kami waktu itu di Candi Prambanan (menerobos pagar :D), taman Pabrik Susu SGM, aliran Kali Gendol yang mengalirkan lahar Gunung Merapi. Setelahnya, kami kerap juga mandi dan bermain-main di sungai yang terkenal angker. Lalu pulangnya, satu per satu di antara kami akan dimarahin. Tapi itu tak membuat aku kapok. Jika ada yang gugur ya aku cari teman lain dan justru kebiasaan ini menambah banyak kawan saat aku kecil. Termasuk ketika aku dewasa yang memang lebih suka traveling ala backpacker dibanding koper.

Keempat. Suka tumbuhan. Karena suka jalan-jalan dan tumbuhan inilah yang mungkin membuat aku terdampar mengambil jurusan di Fakultas Kehutanan UGM. Di sinilah mataku terbuka tentang dunia kehutanan yang masyarakat sekitarnya masih dianggap terbelakang. Hutan juga kerap menjadi korban atas nama pembangunan dan modernitas. Aku sih ingin mengubah paradigma itu bahwa hutan dan pembangunan bisa berjalan dengan bergandengan tangan. Semoga ya Amiin…

Kelima. Suka merajut. Pingin bisa merajut sejak SMA gara-gara waktu itu ada teman sekolah yang bawa rajutan ke kelas. Tapi baru bisa merajut akhir masa kuliah dengan mendatangi sebuah workshop rajut di Jogja kemudian dikembangkan sendiri secara otodidak. Kecanduan sama merajut ini tapi sejak mempunyai duo krucil agak macet sih karena rasa penasaran mereka terhadap benang malah membuat benang ruwet dan ditarik kemana-mana. Ohya karena bisa merajut aku beberapa kali ikut pameran lho. Semoga bisa pameran lagi mengingat krucil-krucil sudah mulai beranjak dan akan mulai bersekolah (Bilang aja ibunya pingin eksis lagi hehe…)

Karena hobi-hobiku tersebut ada yang mengenalku sebagai perajut, ada yang mengenal sebagai blogger (makin ke sini rasanya semakin malu menyebut diri sebagai blogger karena rasanya belum layak), ada yang mengenal sebagai penulis (walau bukunya baru satu wkwkwk), ada yang mengenal sebagai orang hutan (asal huruf “h” nya jangan dihilangin), maupun mengenalku sebagai si bolang.

Pernah sih mencoba fokus pada satu hal untuk ditekuni tapi tetap saja balik lagi balik lagi kelima hobi tersebut, termasuk menulis blog pingin menulis spesifik tapi malah ga nulis-nulis. Akhirnya, aku menerima diri sebagai generalize bukan specialis seperti tertuang dalam buku Rene Suhardono yang berjudul Your Job is Not Your Career.

Yup, bagaimanapun Kalian mengenalku, itulah Rina Darma.

Kalau Kamu mengenal aku sebagai apa?

Foto: dokumen pribadi

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.