5 Kiat Hidup Sehat di Perkotaan

Akhirnya setelah tantangan hari ke -9, 10, dan 11 #BPN30daychallenge2018 agak terseok-seok hari ini dapat bernafas lega. Tiga hari kemarin mengejar Anugerah Pewarta Astra 2018 bertema semangat Kampung Berseri Astra. Ada yang lagi nggarap blog competition ini juga? Pasti ngiler kan ya sama hadiah untuk juara pertamanya., Mobil ASTRA DAIHATSU AYLA TYPE M AT prikitiwww…

Promosi artikel dulu boleh donk ya… Ini hasil kunjungan aku ke Kampung Berseri Astra Pasirluyu RW 08 Bandung kemarin. Boleh banget buat referensi Kalian.

“Mini Barokah” Laundry Binaan ASTRA Pembawa Berkah

Okay, dan balik lagi ke tema tantangan hari ke -12 ini terkait tips hidup sehat ala aku yang hidup di kota Bandung, cekidot:

  1. Minum air putih ketika bangun tidur

Minum air putih setelah bangun tidur dalam keadaan perut kosong memiliki banyak manfaat lho. Di antaranya mengeluarkan racun dalam tubuh dan mencegah gangguan pencernaan. Untuk yang rawan terkena penyakit maag baiknya mulai membiasakan minum air putih selahi perut kosong. Dengan minum air putih asam ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah asam lambung naik. Selain itu, minum air putih saat perut kosong dapat meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

  1. Sarapan seimbang

Sarapan ini tidak hanya penting buat anak kecil yang dalam masa pertumbuhan ya. Buat orang dewasa juga sangat penting. Namun, terkadang karena tergesa-gesa kerap dilewatkan. Padahal sarapan ini penting sebagai energi tubuh, mencegah maag, menjaga konsentrasi agar tetap fokus, mengurangi stress dikejar deadline, dan masih banyak lainnya.

  1. Mari berkebun

Kaya salah satu judul lagu “Omar dan Hana” ya. Petikan liriknya yang aku suka, Siapa yang menanam pasti ada hasilnya… Benar banget ya, sampai ini juga dijadikan pepatah untuk berbuat baik. Tapi, kita memang membicarakan makna sebenarnya menanam. Walaupun hidup di kota bukan berarti kita tidak bisa menanam. Bisa dalam pot atau yang lagi trend akhir-akhir ini dengan metode vertical garden. Sebagai lulusan kehutanan, aku suka banget yang hijau-hijau makanya walaupun rumah sempit tapi menyiasatinya dengan menanam di pot. Lalu apa hubungannya dengan kesehatan? Kebutuhan oksigen satu orang bisa dipenuhi oleh dua pot tanaman. Udara di perkotaan kan lebih rawan polusi ya. Jadi lebih baik, kita menyediakan sendiri di rumah. Kalau di rumah ada empat anggota keluarga berarti setidaknya ada delapan pot tanaman. Ga harus dalam bentuk pohon bisa dengan bunga-bungaan.

wp-image-1724969895jpg.jpeg

Spider Plant (dokpri)

Untuk rekomendasi boleh baca : Yuk, Menanam Spider Plant

  1. Menjadwalkan olahraga

Jogging di akhir pekan dapat menambah stamina dan menyehatkan jantung. Kalau tidak sempat bisa sekedar jalan pagi keliling gang. Udara pagi yang sehat dan bebas polusi membantu melepaskan hormon endorfin yang membuat perasaan senang. Menjaga kebugaran dan kekebalan tubuh. Aku sendiri sih masih cukup susah membuat jadwal olahraga tapi seenggaknya aku siasati dengan senam misalnya push up atau sit up, saat bangun tidur atau sebelum tidur kemudian main ungkang-ungkang bersama krucil. Anak senang, kita pun sembari olahraga 😀

5. Cukup tidur

Gaya hidup masyarakat perkotaan emang suka begadang termasuk anak-anak kecil. Sewaktu awal-awal tinggal di kota, aku agak syok juga. Bagaimana tidak, ketika di desa sudah habis isya rasanya sudah sepi dan tidak ada kehidupan. Namun, di kota besar tengah malam pun masih hingar bingar. Cukup tidur dapat menghambat penuaan dini, mencegah timbulnya kantung mata, dan membuat badan tetap fresh. Sebaliknya begadang membuat badan kita lungkrah atau lesu sehingga malas mengerjakan apapun dan hasilnya poduktivitas maupun kreativitas berkurang.

Jadi, ingat lagu Bang Rhoma Irama dulu ya, begadang jangan begadang…

Semoga bermanfaat ya 🙂

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.