Ayam Jantan Berkokok Malam Hari, Pertanda Ada Perawan Hamil; Mitos atau Fakta?

Beberapa hari ini setiap habis magrib sampai sekitar isya’ ayam jantan berkokok sahut-sahutan. Ada apa ya? Kalau menjelang subuh sih sudah biasa ya?

Kalau berkokoknya tengah malam, mitos atau kepercayaan orang Jawa ada perawan hamil.

Kalau tidak salah ingat, pertama kali (menyimak/memperhatikan/peduli) ada ayam jantan berkokok tengah malam itu saat SMA. Ibuku bilang ada perawan hamil, konteksnya diluar nikah ya. Dan tak lama berselang, kampung memang dibuat heboh karena ada anak gadis yang hamil. Memang percaya ga percaya sih?

Sejak saat itu, setiap ada ayam jantan berkokok tengah (menjelang) malam, aku selalu teringat kata-kata ibuk. Parahnya, sampai menduga-duga siapa yang hamil? Wkwkwk… Dan, biasanya memang bener ada yang hamil tapi tentang menebak siapa yang hamil, lupakan sajalah 😀

Lalu, kalau di waktu-waktu selepas magrib sampai sekitar isya’ ada apa ya? Kata ibu sih akan ada yang meninggal tapi bisa juga ada pagebluk (meski orang Jawa saya tidak tahu itu tulisan pagebluknya sudah benar apa belum?). Pagebluk(g) ini ya semacam bencana gitu, bisa wabah penyakit, bisa pencurian, ya hal-hal yang jelek seperti itu.

Nah, memang sih beberapa bulan ini kampungku banyak anak yang sedang terkena demam berdarah. Tapi itu kan udah, saya kok malah jadi penasaran?

Akhirnya saya googling, ketemulah saya pada makna kokok ayam jantan di Primbon Jawa di blog Catatan Pringadi.

“Ayam berkokok di antara bakda magrib sampai dengan pukul 9 malam itu merupakan pertanda akan muncul fitnah di kampung tersebut.”

Aduuh saya ini kurang kerjaan banget, sampai-sampai memikirkan fitnah apa itu? Kalau yang sedang hangat di kampung saya sih katanya lahan di sebelah barat desa bakal kena proyek jalan tol Solo-Jogja. Masih pada debat gitu lah.Terus ya biasalah namanya orang kampung, yang lahannya ga kena iri sama yang kena karena bakal dapat ganti rugi yang besar dan bisa jadi orang kaya baru (OKB).

Tapi ya apapun itu, saya berdoa agar saya dan keluarga dihindarkan dari berbagai macam fitnah.

Eh iya, kalau balik lagi ke mitos anak perawan hamil tadi sesuai lho sama Primbon Jawa padahal ibuku belum pernah baca Primbon Jawa tapi mitos yang dituturkan secara turun temurun gitu, kaya ibu ngasih tahu ke aku gitu. Trus aku share ke Kalian.

“Ayam berkokok terjadi antara jam 9 malam sampai menjelang tengah malam (sebelum jam 12), itu merupakan pertanda muncul aib yang memalukan misalnya ada gadis hamil di luar nikah.”

Tuh kan?

 

Ayam Jantan dalam Islam

Ayam jantan dalam Islam memiliki posisi istimewa sebab ia membangunkan orang-orang untuk sholat subuh. Lalu bagaimana jika berkokoknya malam hari? Berdasarkan hadist yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, jika ada ayam berkokok pada malam hari berarti ada malaikat sedang lewat sehingga kita dianjurkan berdoa yang baik agar ikut diaminkan malaikat.

“Jika kau mendengar ayam jantan berkokok di malam hari, maka mintalah karunia kepada Alloh karena ia tengah melihat malaikat, sementara jika engkau mendengar ringkikan keledai, maka mohonlah perlindungan kepada Alloh karena ia melihat setan.”

Hmmm…

Jadi kalau ada ayam jantan berkokok malam-malam percaya yang mana? Ada perawan hamil atau sedang melihat malaikat?

Bagaimana dengan mitos di daerah Kalian, share juga ya, Buddies^^

 

 

2 pemikiran pada “Ayam Jantan Berkokok Malam Hari, Pertanda Ada Perawan Hamil; Mitos atau Fakta?

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.