Tidak Menyangka Terpilih Menjadi Mombassador SGM Eksplor

Saya ingat betul ketika menjadi book advisor saat semester-semester akhir kuliah. Salahsatu produk yang saya jual adalah buku bertema perkembangan anak balita. Tidak hanya marketing, perusahaan juga memberikan bekal knowledge yang terkandung dalam buku melalui semacam seminar. Book advisor menjadi pengalaman berharga dan bekal awal saya sebagai calon ibu anak generasi maju waktu itu.

“Saya harus mendampingi masa emas anak saya nanti,” ucap saya kala itu yang bahkan belum mendapat ijazah S1 di tangan.

Benar juga, ucapan adalah doa. Mungkin saat itu ada malaikat yang lewat dan mengijabah doa saya.

Hampir lima tahun setelah itu, usai loncat dari satu kota ke kota lain, berlabuhlah si kutu di Kota Bandung. Gayung bersambut, usai menikah, suami juga ingin agar golden age anak-anak dalam pengasuhan saya sendiri. Jadilah saya stay at home mom.

Menulis merupakan hal yang masih bisa saya lakukan meski harus disempat-sempatkan setelah memiliki dua anak dengan jarak kelahiran yang hanya dua tahun. Meski tidak terlalu aktif di blog, dunia blog akhirnya mengantarkan saya berkenalan dan bergabung di Komunitas Emak Blogger (KEB).

Suatu ketika di linimasa group ada woro-woro dibuka pendaftaran Mombassador SGM Batch 7. Waktu itu anak kedua saya belum genap dua tahun dan belum disapih. Sebenarnya, ini bukan pertama kali saya mengetahui mengenai program ini. Sejak anak pertama, saya sudah mengincar tapi karena berbagai pertimbangan saya terus urung hingga akhirnya rasa ngidam untuk mendaftar itu tak bisa ditahan.

Alhamdulillah, kedua anak saya lulus ASI Ekslusif dan masih lanjut ASI hingga umur kurang lebih dua tahun. Meski sudah lulus ASI Ekslusif selama enam bulan dan kemudian masih diberi ASI, sebagai ibu saya tetap memberikan susu pendamping. -Bahkan sejak saya hamil saya rutin mengonsumsi susu ibu hamil-. Karena susu bisa memberikan asupan dan tambahan nutrisi yang mungkin dan bisa saja belum terpenuhi oleh ASI dan makanan yang saya berikan sehingga perkembangan dua buah hati saya tetap optimal.

Meski saya tinggal di kota tapi bagaimanapun saya berasal dari desa, sebuah kota kecil tempat Pabrik Susu SGM berdiri, Klaten. Ibu dan tetangga saya di desa masih percaya mitos. Di antara mitos yang “menyiksa” saya sebagai ibu adalah jika memiliki anak dengan jarak kelahiran dekat, salahsatunya akan “kalah” (bisa meninggal, sakit-sakitan, tumbuh tidak normal, dll). Tak ingin percaya mitos, saya membuktikan kedua anak saya tumbuh normal dan sehat sesuai dengan periode tahap kembang anak. Susu SGM Eksplor membantu cita-cita saya sebagai seorang ibu.

 

Sepotong Cerita dari Yogyakarta

Kami yang terpilih menjadi Mombassador SGM Eksplor dari seluruh wilayah Indonesia “dikarantina” selama tiga hari di Yogyakarta, 7-9 Maret 2018. Selama di Yogyakarta kami menginap di The Alana, Hotel & Convention Center yang berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 7. Namun, agenda tidak hanya di hotel tapi juga di kawasan Ramayana Candi Prambanan dan kunjungan ke Pabrik Susu SGM di Kemudo, Klaten.

outbond mombassador 7

Outbond sebagai ajang saling mengenal antar Mombassador SGM Eksplor

Usai lebih saling mengenal dengan para mombassador melalui outbond. Tidak hanya saling mengenal, kami para mombassador juga diajak untuk berkenalan lebih dekat dengan SGM, merk susu terbesar di Indonesia (39,4 persen). Susu generasi maju ini sudah hadir sejak tahun 1954 untuk memenuhi nutrisi anak Indonesia. Hingga kini Sari Husada berusaha memberikan pilihan bijak bagi para bunda yang ingin menyediakan nutrisi tepat untuk ananda dengan terjangkau.

Melalui nutrisi tepat maka ananda akan menjadi Anak Generasi Maju yang memiliki ciri di antaranya supel dalam bergaul, tumbuh pintar dan kreatif, dan mandiri. Pemenuhan gizi seimbang juga akan membuat anak tumbuh tinggi dan percaya diri. Terlebih 1.000 hari pertama kehidupan (hpk) akan memengaruhi prestasi bahkan karier anak di masa depan.

Bunda Sri Harfiah

Bunda Sri Harfiah memberikan presentasi mengenai pentingnya 1000 hpk

Tak boleh kalah dari si kecil, orang tua dari anak generasi maju juga harus mempunyai sikap yang selalu berpikir positif, tidak menyerah pada keadaan, dan tidak menyalahkan keadaan. Bagaimanapun juga fisik dan mental seorang ibu akan berpengaruh pada anak. Keadaan ekonomi juga tidak boleh menjadi alasan bagi orang tua untuk tidak memenuhi hak anak terutama dalam kesehatan.

Di hari kedua, pihak SGM memberi kesempatan bagi kami untuk menjadi perempuan berdaya dan inisiator di masyarakat. Caranya kami dibentuk dalam kelompok dan harus membuat program sesuai visi misi Sari Husada yang di antaranya berkaitan dengan ibu dan anak. Kenapa program itu harus dibuat dan manfaatnya?

Presentasi Mombassador

Mombassador membuat program sesuai visi misi SGM untuk dipresentasikan dan diimplementasikan di masyarakat

Agenda lainnya yaitu kunjungan ke Pabrik Susu SGM yang berkesan mendalam bagi saya. Katanya apa yang dilakukan masa kecil kita berhubungan dengan kita di masa depan. Saat kecil saya dan kawan-kawan suka ngebolang bersepeda ke Pabrik Susu SGM yang begitu “wah” bagi kami saat itu. Namun, pagar besi memisahkan taman dengan area pabrik. Kami hanya bisa gulung-gulung di taman pabrik yang begitu bagus. Terpilih menjadi Mombassador meruntuhkan pagar itu. Saya bisa masuk dan mengelilingi pabrik terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Pabrik Susu SGM

Pabrik Susu SGM di Kemudo, Klaten

Ohya, selain banyak hadiah, di akhir acara, kami juga diberi oleh-oleh untuk buah hati. Varian baru dari Susu SGM yang tidak hanya menyediakan susu bubuk tapi juga susu kotak cair yang pas buat bekal saat ananda sekolah. Susu UHT ini terdiri dari dua macam rasa yaitu coklat dan stroberi. Saya pernah mengulas singkat di tulisan Review Susu Cair SGM UHT

SGM tidak melepas kami para Mombassador begitu saja. Meskipun acara di Yogyakarta sudah selesai, kami tetap bisa bersilaturahmi dan terus mendapat pendampingan maupun pelatihan untuk meningkatkan skills kami melalui Kelas Bunda. Materi kelas bunda tidak hanya sisi parenting tapi juga materi-materi yang dapat meningkatkan kompetensi para ibu untuk lebih berdaya. Tidak hanya itu, di bidang kemanusiaan, Mombassador juga aktif dalam Bunda Berbagi.

Mombassador SGM#7

Mombassador SGM Eksplor Batch 7

Bunda buddies, seru sekali ya perjalanan menjadi Mombassador SGM Eksplor. Pastinya jadi semakin tertarik ya untuk bergabung di komunitas Mombassador SGM Eksplor bersama bunda lain di seluruh Indonesia^^

 

*Foto-foto dokumentasi pribadi dan tim community

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.