Jika Covid-19 Berakhir; Mudik, yuk!

Hi Buddies,

Sampai hari ketiga Ramadhan, Corona masih mewabah di Indonesia. Berdasarkan data pemerintah kasus positif Covid-19 hingga 26 April 2020 pukul 12.00 WIB sebanyak 8.882 kasus.

Sementara itu, Universitas Teknologi dan Desain Singapura memprediksi pandemi Corona di Indonesia akan berakhir 3 Juni 2020. Meskipun diakui tidak akurat karena penelitian dilakukan untuk pendidikan dan riset, tapi jika itu benar rasanya kok masih terlalu lama ke hari itu.

Sejak Corona masuk ke Indonesia dampak terburuk bagi saya adalah seperti dipisahkan dengan kampung halaman. Kampung halaman yang katanya tempat untuk pulang, nyatanya tidak lagi demikian untuk saat ini.

Serangkaian tradisi menjelang Ramadhan pun ditiadakan. Biasanya sebelum bulan puasa tiba ada tradisi nyekar atau ziarah ke makam leluhur. Kemudian, di daerah saya terdapat tradisi Sadranan di bulan Ruwah yang kadang lebih ramai dari Lebaran itu sendiri.

Akhir-akhir ini di berita marak instruksi petugas agar kendaraan yang mengangkut penumpang mudik untuk putar balik. Bahkan ada yang nekad bersembunyi di bagasi bus.

Sudah bukan waktunya saling menyalahkan. Pemerintah akhirnya menetapkan aturan-aturan dan kampanye untuk memutus mata rantai penyebaran Corona. Disiplin masyarakat mematuhi aturan akan sangat membantu agar pandemi segera berakhir di tanah air.

IMG_20200221_055821

Jalur Kereta Api (Foto: Dokumentasi pribadi)

Demi memutus penularan Corona, saya tidak akan ngotot atau mencuri-curi untuk bisa mudik. Apalagi saya memiliki dua bocah yang rentan. Karena kita tidak pernah mengetahui di jalan akan bertemu siapa termasuk Orang Tak Bergejala (OTG) tapi positif Covid-19.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah ditetapkan di Bandung Raya juga tidak memungkinkan peluang untuk mudik. Pembatalan rangkaian Kereta Api pun sudah memutus asa untuk mudik.

Tak sabar rasanya pandemi ini segera berakhir. Tali silaturahmi kembali berhubung tidak hanya di dunia maya tapi juga di dunia nyata. Merayakan kemenangan dalam Momen Lebaran bersama keluarga.

Mari bersama-sama berdoa agar wabah Corona segera berlalu dan segala aktivitas berjalan normal kembali.

Siapa yang mau mudik juga saat Covid-19 berakhir?

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.