Tips Betah #DiRumahSaja Selama Masa Corona

Hi Buddies,

Selama masa Corona, kita dihimbau untuk #dirumahsaja. Selama stay at home mungkin banyak di antara kita yang biasa menghabiskan waktu di luar rumah menjadi bosan.

Bagi saya sendiri yang memiliki “kaki gatal” tiap akhir pekan pun harus mengatasi penyakit jalan-jalan tersebut. Setidaknya tiga hal ini yang saya lakukan agar betah di rumah:

DAR_8293

Aktivitas selama #dirumahsaja (Foto: Darma Legi)

Beberes Rumah

Rumah walaupun setiap hari kita tinggali belum tentu semuanya dibersihkan atau ditata. Karena alasan kesibukan kadang isi rumah malah terbengkalai. Memanfaatkan waktu luang, kita bisa mengatur kembali kamar tidur, menata rak buku, merapikan lemari dapur, menjemur karpet, dan sebagainya. Hal kecil tersebut nyatanya membuat saya lebih mencintai dan meningkatkan sense of belonging terhadap rumah.

Mengeksplor Hobi

Inilah waktu bagi hobi. Jika selama ini rutinitas atau kesibukan seakan tidak memberi waktu untuk melakukan kegiatan yang menjadi kegemaran kita, di masa pandemi Corona kita bisa memanfaatkan waktu luang. Misalkan saya hobi berkebun, saya menghabiskan banyak waktu untuk menanam bunga baru, menyiangi rumput, memangkas, dan sebagainya. Untuk yang hobi memasak bisa mencoba resep baru. Begitu juga untuk kegemaran lainnya. Dengan menyibukkan diri tak terasa waktu akan cepat berlalu dengan produktif.

Bercengkrama dengan Keluarga

Walaupun tinggal seatap, belum tentu saling memahami dengan baik. Waktu #dirumahaja bisa dioptimalkan untuk menguatkan bonding terutama orang tua dan anak. Jika di hari biasa pekerjaan membuat jarak, maka di masa pandemi Corona ini kita bisa menghapus sekat itu. 

Bagi saya yang sudah memiliki anak bermain bersama menjadi cara asyik melewatkan waktu. Hampir tiap hari saya juga berkomunikasi melalui telepon dengan ibu di kampung. Bonding tidak melulu antara orang tua dan anak tapi juga bisa antara kakak dan adik. Jika biasanya Kakak bersekolah, karena kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan sementara maka Kakak dan Abang jadi lebih banyak waktu bermain bersama. Dengan itu, keduanya tumbuh rukun, saling menolong, dan saling menjaga.

 

Ayo, berdisiplin dimulai dari diri sendiri untuk lebih aware terhadap pandemi ini. Selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar keluarga kita terhindar dari penularan Covid-19. Semoga segera terputus rantai penyebaran Corona di Tanah Air.

Semoga tipsnya membantu ya.

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.