Aplikasi Selama Ramadan #DiRumahSaja

Hi Buddies,

Jika ditanya mengenai mengunduh aplikasi apa selama masa Work From Home (WFH) atau selama Ramadan #DiRumahSaja, saya tidak men-download aplikasi apapun. Kenapa? Mungkin saya terlalu kudet mengikuti perkembangan aplikasi-aplikasi terbaru.

Di HP saya sendiri tidak banyak aplikasi kecuali memang yang harus saya gunakan seperti what’s app, e-commerce, maupun transportasi. Sebab, saya jarang mengakses HP. Setelah mengetahui notifikasi pesan, mengecek email atau sejenak berselancar di Instagram. Instagram merupakan satu-satunya media sosial yang saya install aplikasinya.

Saya sengaja membatasi akses terhadap HP karena masih memiliki dua anak balita. Jika mereka melihat saya terlalu lama sibuk dengan HP mereka akan merengek meminta HP dan malah menguasainya. Ini adalah salahsatu cara saya menghindarkan anak-anak dari kecanduan gadget.

Karena penasaran, saya pun mencoba searching di google dan saya menemukan artikel di Kompas berjudul 7 Aplikasi Android Penunjang Ibadah Puasa Selama Ramadhan. Dari artikel tersebut disebutkan aplikasi penunjang Ramadan yaitu Muslim Pro – Ramadhan 2020, Al Quran Tajwid, Buku Saku Ramadhan, Marbel – Panduan Puasa Ramadhan, Zakat Calculator, Menu Buka Puasa, dan Lagu Ramadhan 2020 offline.

Melalui aplikasi tersebut kita bisa mengetahui jadwal salat lengkap, waktu sahur dan berbuka, berapa harus membayar zakat, hingga inspirasi menu dan lagu islami. Tentu saja hal ini akan sangat membantu kita selama menjalankan ibadah puasa selama Bulan suci Ramadan.

Untuk website khusus selama di rumah maupun saat Ramadan juga tidak ada yang saya ikuti secara khusus.

Jadi selama Ramadan untuk jadwal salat, sahur maupun buka saya cenderung mengandalkan toa masjid. Kebetulan rumah saya dekat sekali dengan masjid. Pengurus masjid saya sangat rajin membangunkan sahur dan menginformasikan waktu imsak. Jadi sehari-hari saya sangat terbantu tanpa harus melihat jadwal. Untuk waktu salat dan buka, saya tinggal menunggu azan berkumandang.

Untuk membaca kitab suci, saya menggunakan Al Quran versi cetak yang kebetulan sudah dilengkapi dengan tajwid. Saya sendiri cenderung pembaca konvensional dibanding pembaca digital. Karena mata mudah lelah dan cenderung gagal fokus dengan HP apalagi jika data lupa dimatikan dan ada notifikasi masuk.

Screenshot_2020-04-29-17-29-23

Tangkapan layar antarmuka Google

Untuk kreasi menu, saya mengandalkan ibu dan Google. Tidak ada aplikasi khusus baik selama Ramadan atau tidak. Jika kira-kira menu itu tradisional dan ibu saya pernah membuatnya, saya akan menelepon dan menanyakannya. Ini lebih efektif. Saya bisa langsung tanya jawab dengan ibu jika ada bahan atau cara yang rumit bagi saya. Jadi terbentang jarak ratusan kilometer bukan berarti halangan bagi saya berguru memasak kepada ibu. Kata tetangga dan yang pernah mencicipi masakan ibu, rasanya enak loh. Nah, baru kalau sekiranya menu itu baru atau menu khas Bandung yang beda dengan kampung saya di Klaten baru saya mengandalkan Google.

Namun, bukan berarti aplikasi tersebut menjadi tak bermanfaat. Saya teringat ketika merantau dan menjadi minoritas. Saya hampir tak pernah mendengar azan. Jarak masjid terdekat ada sekitar lima kilometer. Sepertinya masjid pun jarang menggunakan pengeras. Di mess yang saya tinggali tidak ada televisi. Waktu itu belum era aplikasi seperti sekarang tapi untung sudah ada mesin pencari. Saat itu belum booming mesin pencari Google tapi masih menggunakan Yahoo.

Apakah Buddies menggunakan aplikasi penunjang selama Ramadan?

 

 

2 pemikiran pada “Aplikasi Selama Ramadan #DiRumahSaja

  1. Penginnya puasa itu sekalian puasa smartphone juga 😂 Di samping contoh yang mungkin kurang baik buat anak2, terlalu banyak pegang gadget juga punya dampak lingkungan (misal pemakaian listrik jadi bertambah padahal sumbernya masih dari batu bara dst).

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.