Delapan Ide Mengasah Kreativitas Si Kecil Menjadi Anak Generasi Maju A la Mombassador SGM Eksplor

“Assalamualaikum Ayah, Bunda… Gimana kabarnya di rumah, masih semangat menggantikan posisi kami kan? Penjenengan merupakan guru pertama yang paling hebat.”

Sudah hampir dua bulan ini setiap hari pengajar anak saya menyapa setiap pagi lewat daring. Jujur yang terus membuat saya semangat adalah kalimat Penjenengan (Anda) merupakan guru pertama yang paling hebat. Sebagai guru yang hebat tentu saya harus kreatif agar anak tidak bosan dan potensi prestasinya tetap tumbuh optimal di masa pandemi Corona ini.

Bergabung menjadi Mombassador SGM Eksplor membuat saya tidak kehabisan stok ide atau inspirasi #bermainbersamabunda. Inspirasi ini saya dapatkan baik dari website Generasi Maju maupun akun media sosial Aku Anak SGM.

Ide-ide seru yang edukatif tersebut di antaranya:

4M (Menggambar, Mewarnai, Menggunting, dan Menempel)

IMG_20200421_132328~2

Ini adalah latihan sederhana yang bisa dilakukan untuk menstimulasi kreativitas si kecil. Menggambar tidak hanya meningkatkan kemampuan motorik tapi juga menambah daya ingat. Saya sendiri takjub dengan kemampuan menggambar Kakak. Dia itu hanya melihat sekilas bisa langsung jadi gambarnya. Dia suka sekali menggambar tokoh kartun. Nah, ketika selesai mengerjakan, pujian dari kita bisa meningkatkan kepercayaan diri anak, loh.

Menyusun Matras Puzzle

P_20200417_154946-1

Ide bermain menyusun matras puzzle ini saya dapatkan setelah melihat tayangan di instagram @akuanaksgm. Tidak hanya bermain, kegiatan ini bisa saya lakukan bersama Kakak dan Abang berbarengan. Untuk Abang, aktivitas ini bisa melatih kemampuan motoriknya. Bagi Kakak bisa mengembangkan kemampuan berpikir kreatif.

Membuat Puppet Show

IMG_20200423_092840~2

Hasil dari menggambar, mewarnai, menggunting, dan menempel bisa dikreasikan menjadi puppet atau boneka tangan. Karakternya bisa disesuaikan dengan kesukaan anak, misalnya binatang. Nah, karakter-karakter tersebut bisa diberi nama lalu bercerita bersama. Melibatkan anak dalam pembuatan puppet melatih kemandirian anak sehingga potensi prestasi tetap tumbuh optimal. Selain menjadi puppet hasil 4M ini bisa dikreasikan menjaid pernak-pernik lainnya seperti pembatas buku, magnet, jepit, dan sebagainya.

Membuat Alphabet Flanel

IMG_20200504_115005

Aktivitas ini bermain sambil belajar ini bisa saya lakukan untuk mengenalkan huruf dan angka bagi Abang. Bagi Kakak, dia bisa mulai menyusun huruf-huruf menjadi namanya sendiri. Meskipun di rumah saja tapi tetap seru dan mengasyikkan sehingga anak tidak gampang bosan.

Memasak Bersama

IMG_20200406_105139~2

Saya suka melibatkan anak dalam menyiapkan menu berbuka puasa. Kita tinggal menyiapkan waktu yang agak panjang agar kegiatan ini mengasyikkan dan kita tidak terlalu mepet. Bukannya menganggu justru kita merangsang kreativitas, daya tangkap, dan kemandirian anak serta mengembangkan bakatnya. Ia pun akan tumbuh menjadi anak percaya diri. Saat memasak ini, saya bisa mengenalkan nutrisi dan gizi kepada anak dengan menyebutkan manfaat dari masing-masing sehingga anak bisa menyukai buah dan sayur.

Membuat Prakarya dari Kertas Origami

IMG_20200428_093337

Langkah membuat prakarya dari kertas origami ini mirip dengan 4M. Hanya saja medianya berbeda. Saya bisa mengandalkan warna-warni dari kertas origami untuk mengenal warna. Kertas origami pun bisa dibentuk sedemikian rupa sesuai imajinasi. Sehingga kreativitas terus terasah.

Bermain FLASHCARD

P_20200508_123700~2

Sebagai ibu, kita bisa memanfaatkan box susu bekas untul membuat Flashcard sendiri. Flashcard ini dapat menjadi sarana pelajaran yang ingin kita sampaikan kepada anak. Misalnya saya ingin mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak. Kartu flashcard tersebut kemudian ditulisi huruf-huruf hijaiyah. Anak pun tidak terasa jika sedang belajar sehingga bisa menangkap pelajaran yang ingin kita sampaikan dengan cara menyenangkan. Di sini saya juga mengenalkan konsep daur ulang kepada anak untuk mengurangi sampah melalui prinsip 3r, (reduce, reuse, recycle).

Berkebun

DAR_8293

Tidak hanya kemampuan akademik, saya pun mengenalkan lingkungan sejak dini. Di antaranya saya mengajak Kakak dan Abang berkebun. Dengan begitu, keduanya bisa mencintai tanaman dan bumi pada umumnya. Sehingga akan tumbuh menjadi generasi maju yang peduli pada lingkungan.

 

Melibatkan anak dalam membuat prakarya atau setiap aktivitas bisa memupuk kemandiriannya. Memuji hasil kinerjanya dapat meningkatkan rasa percaya dirinya. Sehingga dengan  kegiatan positif tersebut kita bisa mengoptimalkan lima potensi prestasi generasi maju yaitu kreatif, supel, mandiri, tumbuh tinggi, dan percaya diri.

Selain itu, hikmah di rumah saja selama masa pandemi Covid-19 ini, kita bisa meningkatkan bonding antara anak dengan orang tua maupun anggota keluarga lainnya. Agar tumbuh kembangnya semakin optimal, saya melengkapi nutrisinya dengan minum  susu SGM Eksplor 2 kali sehari, 5+ untuk Kakak dan 3+ untuk Abang. Nutrisi dan gizi seimbang akan meningkatkan imunitas anak yang rentan terkena virus.

Jangan lupa follow akun Aku Anak SGM agar kita bisa mendapatkan informasi seputar tumbuh kembang anak, nutrisi, dan inspirasi edukati lainnya. Oh ya, kita bisa mengunjungi website www.generasimaju.co.id atau menghubungi Careline SGM di nomor 0800 1 360 360 agar tidak termakan isu simpang siur terkait nutrisi dan tumbuh kembang si kecil terkait corona virus, loh.

Semoga bermanfaat. Tetap semangat menjadi guru pertama bagi si kecil.

Ceritakan juga aktivitas Bunda Buddies untuk mendukung kreativitas si kecil ya?

 

*Foto koleksi pribadi

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.