Merayakan Kemerdekaan dengan Menghias Sepeda

Halo Bunda Buddies Mombassador SGM Eksplor,

Tanggal 17 Agustus 2020, kita bangsa Indonesia memperingati kemerdekaan yang ke-75. Kita patut bersyukur dan menghargai kerja keras pahlawan yang telah gigih meraih kedaulatan bangsa, sehingga kita bisa mencapai hari ini. Karenanya, kita harus mengisi kemerdekaan ini untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa. Sebagai seorang ibu bukan berarti kita tidak bisa berjuang, kita bisa menjadi pahlawan rumah tangga dengan membesarkan Anak Generasi Maju.

Di lingkungan tempat tinggal saya sendiri, akibat pandemi Covid-19 yang belum berakhir gegap gempita peringatan kemerdekaan kurang meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Aneka perlombaan untuk anak-anak yang umumnya digelar di lapang belakang rumah saya pun ditiadakan. Namun, bukan berarti kedua anak saya kehilangan keceriaannya dalam merayakan kemerdekaan Republik Indonesia.

Saat libur peringatan kemerdekaan kebetulan Kakak mendapatkan tugas untuk membuat Bendera Merah Putih yang diwarnai sendiri kemudian diberi tiang. Nah, usai tugas sekolahnya selesai saatnya bermain bersama bunda. Tapi mau ngapain ya? Agak bingung juga sih, karena selama pandemi dan belajar di rumah hampir semua aktivitas sudah dilakukan. Namun, menjadi bunda merdeka artinya harus banyak akal. Saya pun browsing  di website www.generasimaju.co.id.

Tadaa… saya pun mendapatkan ide untuk membuat hiasan sepeda rantai hewan untuk memeriahkan 17 Agustus. Nah, setelah saya lihat alat dan bahannya tersedia di rumah dan cara membuatnya pun gampang. Artinya si kecil bisa terlibat dalam aktivitas ini. Dengan melibatkan si kecil berkreasi dari menyiapkan sampai merapikan dapat mengasah potensi prestasi berpikir kreatif dan kemandiriannya loh, Bunda.

Mari kita mulai membuat sepeda rantai hewan ala duo si kecil saya.

Menyiapkan alat dan bahan utama berupa kertas warna kebetulan saya menggunakan kertas origami, lem, gunting atau cutter, spidol atau pensil warna, dan sepeda si kecil yang akan dihias. Kakak semangat sekali mengumpulkan alat-alatnya. Saat saya hendak ke lantai atas mengambil kertas origami, ia pun berinisiatif mengambilnya sendiri. Bangga rasanya. “Aku aja yang ngambil kertasnya,” katanya semangat.

Kemudian potong beberapa bentuk persegi panjang dari kertas warna. Saya melipat kertas menjadi empat bagian. Kakak dan Abang pun berpartisipasi dalam membuatnya.

memotong kertas-3

Lalu, ambil satu kertas persegi panjang kemudian lem kedua ujung menjadi satu untuk membentuk lingkaran. Ada kejadian lucu di sini, Abang yang mencoba untuk ikut mengelem kertas, lemnya kebanyakan jadi belepotan kemana-mana. Kakaknya pun sigap membantu.

mengelem

Setelah itu buat rantai dari kertas dengan membuat lingkaran dari persegi panjang dan lilitkan lingkaran tersebut. Ajak si kecil menggambar wajah hewan favoritnya. Di bagian ini saya tertawa lagi, “Aku aja yang gambar, Ibu mah lama!” kata Kakak. Enak ya jadi ibunya, tinggal ngarahin aja.

menggambar hewan favorit-2

Terakhir, ajak si kecil menempel hiasan rantai di sepedanya.

sepeda rantai-1

Kakak dan Abang senang sekali dengan prakaryanya. Berkat website generasi maju, walau memperingati kemerdekaan di rumah tetap seru, ya! Selain seru tetap mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil dan mengasah potensi prestasinya yaitu berpikir kreatif, mandiri, supel, percaya diri, dan tumbuh tinggi yang mendukungnya untuk menjadi Anak Generasi Maju.

Kalau Bunda ingin membuat yang serupa panduan ada di bawah atau klik di sini untuk ide seru membuat hiasan 17 Agustus lainnya.

 

Klik untuk mengakses Derivative%208-Hiasan%20Rantai%20Kepala%20Hewan.pdf

 

Semoga bermanfaat ya, Bunda^^

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.