Tazkiyatun Nafs #3 – Induk Sarana Tazkiyah

Sarana tazkiyah ialah berbagai amal perbuatan yang mempengaruhi jiwa secara langsung dengan menyembuhkannya dari penyakit, membebaskannya dari “tawanan”, atau merealisasikan akhlaq padanya. Fitrah manusia bisa terkontaminasi dengan najis ma’nawi seperti kemusyrikan, terkontaminasi lumpur hawa nafsu yang salah, dan terkontaminasi berbagai perangai binatang yang tidak cocok buat manusia.

Tazkiyatun nafs ialah pembebasan jiwa dari berbagai najis yang mengotorinya, berbagai hawa nafsu yang keliru, berbagai perangai kebinatangannya yang nista, penentangannya terhadap rububiyah, dan berbagai macam kegelapan.

Tidak ada kemashalatan bagi individu dan masyarakat kecuali menyucikan jiwa individu. Karenanya, taklif Ilahi yang terpenting adalah apa yang bisa membersihkan jiwa. Titik awal dan akhir taklif Ilahi adalah tauhid yang membersihkan jiwa dari berbagai karat kemusyrikan dan berbagai akibatnya seperti ‘ujub, ghurur, dengki, dan lain sebagainya. Sejauh mana tauhid itu tertanam, sejauh itu pula jiwa akan tersucikan dan memetik berbagai buah tauhid seperti sabar, syukur, ‘ubudiyah, tawakal, ridho, takut, harap, ikhlas, jujur, dan lain sebagainya.

Sarana tazkiyatun nafs, di antaranya:

1. Shalat

2. Zakat dan Infaq

3. Puasa

4. Haji

5. Membaca Al quran

6. Dzikir

7. Tafakkur

8. Mengingat kematian

9. Muhasabah, muraqabullah, mujahadah

10. Amar ma’ruf nahi munkar dan jihad

11. Melakukan pelayanan umum atau khusus dan tawadhu’

12. Mengetahui pintu masuk syetan

13. Melepaskan diri dari penyakit hati

Tulisan ini adalah rangkuman dari pengantar bab ke dua, Induk Sarana Tazkiyah dari buku Mensucikan Jiwa*. Aku tidak berkomentar karena sedang belajar memahami juga. Untuk penjelasan masing-masing sarana, bakal aku tulis di postingan berikutnya ya.

Mari berdiskusi di kolom komentar di bawah ya👇

*Sumber: Buku Mensucikan Jiwa; Tazkiyatun-nafs Terpadu, Intisari Ihya’ Ulumuddin al-Ghazali diseleksi dan disusun ulang oleh Sa’id Hawwa

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.