Be a Journalist

Don’t Worry, It’s not Difficult

Tanpa sadar, sebenarnya jurnalistik bukanlah ilmu yang mengharuskan Kalian mengambil jurusan “komunikasi”. Sejak lahir, Kalian hidup tak lepas dari ilmu tentang jurnalistik. Itu artinya, jauh sebelum membaca tulisan ini jurnalistik telah menjadi bagian dari kehidupan kita semua. “Kita adalah jurnalis.”

Bagiku, Jurnalis adalah saat kita bicara, bercerita, bercakap – cakap dengan orang, dan saat kita membaginya dengan orang lain. Banyak cara berbagi, dengan menuliskannya atau menceritakan ulang kepada orang lain. Ya, itulah jurnalis.

Jurnalis, saat ini identik dengan profesi wartawan atau reporter baik media cetak, elektronik, maupun online. Modal utama profesi ini adalah “BERANI BICARA”. Bicara untuk bertanya dan bicara untuk berbagi. Semakin banyak pembicaraan akan semakin banyak pula yang bisa dibagi. Asah dan asah terus.

Agar pembicaraan tak garing, Kalian harus meningkatkan pengetahuan dan wawasan “Apa Saja”, ingat ilmu itu tak terbatas! Membaca, dengan membaca maka Kamu akan menguasai dunia. Lagi, Baca apa saja! Dengan membaca pula, akan menyulut kamu untuk menulis. Tentu saja karena Kalian pasti ingin donk karyanya dibaca orang.

Berbicara, Membaca, dan Menulis. Cukup? Belum, Kalian harus berjiwa petualang. Artinya, Kalian harus berani keluar dari “comfortable zone”. Di luar zona nyamanmu, banyak hal menarik yang belum kamu tahu. Orang yang mendengar ceritamu, akan sangat antusias mendengarnya. Kebanggaan donk buat kamu, dan tentunya orang akan lebih menghargai Kalian. Tentu saja karena pengetahuan “LUAR BIASA” yang Kalian bawa.

Tak perlu takut, hadapi saja. Ketakutan hanyalah bayangan yang ada pada dirimu sendiri? Dia hanyalah monster yang Kalian ciptakan. Gampangnya, saat kecil atau bahkan belum lama ini, Kalian tentu pernah melakukan kesalahan, apa yang terbayang? Dimarahi habis-habisan, dipukuli, nyatanya engga kan? Itu bukti, ketakutan adalah monster yang kita ciptakan sendiri.

Camkan! Jurnalis itu hampir pasti orang yang cerdas. Every day, He/She have much stories or information, mengetahui yang belum tentu orang lain ketahui.

So, tunggu apalagi.

N Rina Tri Handayani

Kamis, 14 Juni 2012

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.