Cara Belanja dengan XL Tunai di Alfamart

Temans sudah tidak familiar dengan XL Tunai kan? Salahsatu layanan dari provider XL Axiata untuk e-money atau uang elektronik. Artinya kita bisa melakukan belanja, pembayaran, transfer maupun tarik uang dengan XL Tunai asal ada saldonya ya.

Saya pun mencoba belanja dengan XL Tunai di Alfamart. Berhasil. Caranya:

  • Datang ke alfamart terdekat jangan lupa bawa handphone yang ada XL Tunainya, nomor XL.
  • Pilih belanjaan temans
  • Saat hendak ke kasir, tekan *123# dan masuk ke menu info lain lalu pilih XL Tunai, pilih belanja di toko. Temans akan mendapatkan kode yang berlaku dalam 30 menit, itulah mengapa tekan *123# saat mau ke kasir. Ya, jaga-jaga kalau milih belanjannya lama dan kasirnya antri. Kodenya keburuhangus dan harus minta lagi ke XL Tunai.
  • Tunjukkan notifikasi di HP kamu ke kasir. Kasir akan memroses sesuai total belanjaan. Temans hanya akan ditanyai nomor HP XL yang digunakan.
  • Transaksi sukses. Temans akan mendapatkan notifikasi transaksi.

 

Gampang banget, kan?

Lalu, bagaimana agar menu XL Tunai bisa digunakan? Temans yang menggunakan XL bisa datang ke XL Center terdekat. Jangan lupa bawa kartu identitas bisa KTP atau SIM. Pada waktu ke customer service katakan ingin mengaktifkan XL Tunai untuk dilakukan validasi data diri. Kalau tidak divalidasi transaksi yang melibatkan perbankan, misalnya transfer atau tarik uang tidak bisa dilakukan.

Bagaimana mengisi saldonya? Selain belanja temans bisa juga mengisi saldo di Alfamart atau Indomaret atau via ATM Bank yang Temans miliki. XL Tunai bisa digunakan untuk belanja online juga lho di merchant-merchant yang bekerja sama. Bisa juga untuk melakukan berbagai pembayaran. Mirip-mirip mobile banking. Gampang, mudah, dan aman.

Dengan menggunakan e-money, kamu juga berpartisipasi mendukung program pemerintah mewujudkan Less Cash Society (LCS) di ekonomi digital yang sudah dicanangkan sejak tahun 2014. Tujuannya mempermudah dan mempercepat transaksi dan pertukaran uang yang lebih tepat sasaran tentunya mendukung e-commerce di Indonesia di sektor perdagangan dan transportasi juga lainnya.

Kalau Temans apa pengalaman menggunakan e-money nya?

 

Sayangnya berdasarkan SMS yang saya dapat dari provider, XL TUNAI akan dihentikan.

*Pelanggan Yth, kami infokan kembali bhw pengisian saldo/cash-in XLTunai telah ditutup per 12/02/2020. Saldo anda msh bs dipakai utk transaksi di *808#. Info http://www.xl.co.id – update 28 Februari 2020

**Layanan XL Tunai akan dihentikan bertahap sejak 15 April 2020. Segera beli isi pulsa XL atau transfer sisa saldo anda melalui *808# Info http://www.xl.co.id — update 6 Maret 2020

2 pemikiran pada “Cara Belanja dengan XL Tunai di Alfamart

  1. bisa sih tanpa ke xl center dlu tapi nanti akunnya unregistered. lebih baik lgsung ke xl center bwa identitas yg berlaku biar XL Tunai bs dimanfaatkan maksimal

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.