Pingin Tambahan Penghasilan, #BukaInspirasi Dulu Aja di Bukalapak

“Sudah bayar listrik belum?”
“Habis berapa?”
“Aku belum.”
“Bulan ini berapa ya? Mudah-mudahan tagihannya ga naik soalnya belum bayar PDAM juga.”

Ga kerasa kok sudah pertengahan bulan lagi ya. Obrolan ibu-ibu saat belanja sayur pun mulai didominasi seputar pembayaran ini itu. Ini memang hal lumrah. Sekedar berbagi beban maupun membandingkan besar tagihan. Bukan untuk saling ngece siapa yang paling banyak tagihannya.

Jika nominal tagihan pembayaran lebih besar dari tetangga biasanya aku akan langsung berhemat ini itu. Rajin mematikan lampu, televisi, menghemat air, dan tetek bengek-nya. Ada rasa “bangga” jika besaran pembayaran lebih kecil. Padahal kalau dipikir-pikir kebutuhan masing-masing rumah kan berbeda ya tapi abaikan. Pointnya, jadi berlomba-lomba dalam kebaikan untuk tidak boros energi dan sumberdaya apalagi sekarang sudah tidak ada subsidi dari pemerintah untuk listrik berdaya 900 VA. Jadi ya kalau tidak mau tagihan membengkak memang harus pintar-pintar dan bijak menggunakanya.

Ngomongin tagihan bulanan, sebagai ibu rumah tangga di era digital, membayar tagihan bukannya disegerakan tapi menunggu promo cashback (((*aku banget haha))). Kenapa ya? Ya, karena supaya lebih hemat, cermat dan dapat rabat. Tidak bisa dipungkiri kebutuhan selalu meningkat. Saat sudah berkeluarga dan mempunyai anak semakin banyak biaya yang harus dianggarkan. Kalau tidak menerapkan prinsip 3AT diatas bisa-bisa setiap bulan selalu besar pasak daripada tiang.

Buntut panjangnya masalah ekonomi ini bisa memicu kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Istri merasa tidak cukup dan suami merasa sudah mati-matian bekerja. Alhasil anak yang dititipkan masa depannya pada kita sebagai orang tua kerap menjadi korban. Jangan sampai ya.

Untunglah, Bukalapak ini mengerti banget prinsip ekonomi ibu-ibu. Tak perlu wara-wiri mencari cashback atau voucher diskon karena pembayaran tagihan di Bukalapak dijamin murah dan dapat cashback. Dengan kode voucher LISTRIKMURAH, untuk pembayaran sebesar Rp 157.277 aku dapat pengembalian dana sebesar Rp 12.582 yang masuk ke saldo Bukalapak. Yes, lumayan bisa buat yang lain. Tagihan listrik pun sudah aman sehingga terhindar dari denda jika melewati tanggal 20 setiap bulannya.

Karena, besarannya yang tidak sama setiap bulan, nominal untuk tagihan listrik ini tidak pasti. Mending jika turun tapi kalau naik? Anggaran untuk pos lain bisa keambil. Tapi masa ya mau gini terus? Hemat-hemat tanpa tambahan penghasilan lama-lama juga jebol. Karena kebutuhan selalu meningkat. Kebutuhan sandang, pangan yang harus tercukupi, belum tahun depan si kakak mulai sekolah. Tapi harus mulai darimana ya?

#BukaInspirasi Menambah Penghasilan Lewat Bukalapak

Sewaktu kecil aku pernah mendapat wejangan, kalau jadi cewek itu walaupun nantinya menjadi istri dan dinafkahi suami harus mempunyai ketrampilan. Setelah dipikir-pikir dan berstatus sebagai ibu rumah tangga, ketrampilan memang penting banget. Syukur-syukur bukan sekedar hobi tapi juga bisa menghasilkan.

Namun, yang selalu diingat bukan berarti kita tidak bersyukur atas rezeki dari suami ya. Akan tetapi lebih kepada kita walau berstatus fullmom tetap bisa berkarya dan berdaya dalam mendukung perekonomian keluarga tanpa mengabaikan hak dan kewajiban kita.

Banyak banget lho ketrampilan dan keahlian yang bisa dikembangkan sebagai seorang istri dan ibu. Kalau masakan enak bisa saja membuka catering. Jika suka berkebun bisa mulai berbisnis tanaman hias. Jika pernah ikut kursus menjahit atau salon wah peluang banget. Tidak mempunyai ketrampilan tapi pandai mengajak orang, bisa jadi agen yang menjualkan barang orang. Setiap peluang itu ada jika kita lebih membuka mata dan mendengarkan suara hati. Kemudian, #BukaInspirasi saja dulu di Bukalapak untuk inspirasi bahan, produk, maupun style.

Aku sendiri suka merajut. Sebenarnya sudah sempat aku rintis sebelum menikah dan memiliki momongan. Namun, karena aku berkomitmen fokus mendampingi masa emas anak dulu, usaha ini melambat tapi aku tetap berusaha keep on the track.

Seperti kata Via Vallen dalam lagu Meraih Bintang yang menjadi official theme song ASIAN GAMES 2018. Fokus itu penting dalam hal apapun termasuk jika kita ingin menjadi pemenang termasuk dalam bisnis.

Terus fokus satu titik, hanya itu titik itu
Tetap fokus kita kejar lampaui batas
Terus fokus satu titik, Hanya itu titik itu
Tetap fokus kita kejar dan raih bintang

Nah, berhubung si bungsu sudah dalam masa berhenti dari laktasi dan si sulung mau masuk sekolah, usaha kecil-kecilan ini mulai aku lirik kembali. Seperti pohon pioneer walau di permukaan seperti mati tapi akarnya sangat kokoh menghunjam bebatuan. Beberapa gulung benang, jarum, aksesoris sengaja masih aku pajang ya karena dengan melihatnya setiap hari itu akan selalu mengingatkan pada mimpiku seperti lentera agar tak padam. Memiliki usaha rajut adalah salahsatu impianku meski aku harus tergopoh-gopoh dan menundanya. Untuk mengejar ketertinggalan, aku harus lebih sering menyiramnya, memupuknya agar hijau kembali.

Untuk memulainya kembali aku butuh banyak wawasan. Karena bisa dibilang aku sangat ketinggalan di era digital ini, karenanya harus butuh banyak ide dan pengetahuan. Tetap percaya diri untuk bersaing. Selain itu yang terpenting adalah tersedianya stock material rajut yang baru.

Ketika pertama kali gandrung merajut untuk mencari benang rajut tidak segampang sekarang. Saat masih di Klaten untuk mencari material harus ke Jogja. Ketika merantau di Jakarta sekitar tahun 2012 khusus benang dan aksesoris aku online dari Depok, khusus toko benang. Ketika ditugaskan kerja di Bandung tahun 2013, sebagai orang baru aku kesusahan membeli offline karena memang tidak tahu. Aku pun masih mengandalkan memesan online dari Depok.

Sekarang mencari bahan-bahan untuk merajut tangan mudah banget karena hampir semua toko offline sudah bisa online. Selain ada situs penyedia belanja online yang menyediakan berbagai kebutuhan termasuk merajut dari alat dan bahan, aksesoris hingga produk rajutan yang menginspirasi. Berselancar di Bukalapak #BukaInspirasi banget dech. Setiap meluncur ke Bukalapak, aku termotivasi untuk mewujudkan impianku. Produk rajut handmade bisa terpajang dan menjadi bagian keluarga besar Bukalapak.

Sebagai situs belanja online Indonesia, Bukalapak yang mempunyai visi memberdayakan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia. Terus berinovasi demi kemajuan pelapaknya. UMKM ini perlu didorong pertumbuhan dan perkembanganya karena memiliki daya tahan tinggi untuk menopang perekonomian negara bahkan saat terjadi krisis global. UMKM mampu menyerap tenaga kerja 51,7 % – 97,2%.

Dengan mengikuti blog competition ini seolah darahku kembali terpompa. Jantungku berdegup begitu cepat. Aku kangen masa-masa merajut yang dulu awalnya adalah hobi, lalu aku kerjakan sebagai sampingan saat menjadi karyawan swasta, dan sempat menjadi andalan di masa awal berstatus ibu rumah tangga.

Sebagai sarana promosi dan portofolio, aku sudah membuat Halaman Facebook Dunia Rajut dan akun instagram Uhuru Rajut. Walau belum dikelola optimal, pemisahan dari akun personal ini aku lakukan sebagai langkah agar tidak tercampur antara postingan personal dan promosi.

Harapan aku untuk Bukalapak atas komitmennya terhadap sektor UMKM di Indonesia:

  • Mengadakan kompetisi pelapak atau non pelapak secara rutin setahun/dua tahun sekali. Adanya kompetisi bagi non pelapak diharapkan akan terus melahirkan inovasi dan ide-ide terbaik. Pemenang non pelapak ini kemudian bisa menjadi pelapak. Jualan Bukalapak pun semakin variatif dan banyak pilihan. Agar tidak menimbulkan kecemburuan bagi pelapak, ada kompetisi khusus pelapak agar mereka berlomba meningkatkan kualitas dan penjualan. Pelapak berprestasi bisa mendapatkan reward dan badge khusus sehingga menambah kepercayaan pembeli.
  • Komunitas pelapak yang aktif. Hal yang perlu ditekankan adalah antar pelapak adalah keluarga besar Bukalapak. Bukalapak bukan tempat statis tapi mau pengunjung ke toko manapun sama saja itulah Bukalapak. Sebuah marketplace yang menyenangkan.
  • Kelas pelapak. Misalnya rutin diadakan 3 bulan sekali dengan kota berbeda (dirotasi) seluruh Indonesia karena pelapak pasti dari seluruh Indonesia. Kelas ini menjadi wadah silaturahim para pelapak, sharing antara brand ternama dan UMKM dengan tema yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Jadi, antara brand terkenal dan usaha yang baru bertumbuh saling mendukung bukan menginjak.
  • Bazar pelapak/Festival Bukalapak. Bukalapak akan menggelar Synchronize Fest 2018 pada 5-7 Oktober 2018 di Kemayoran, Jakarta. Ajang seperti ini penting untuk mengenalkan dan menanamkan image Bukalapak pada masyarakat umum. Alangkah baiknya bukan sekedar ingar-bingar tapi ada booth khusus Bukalapak mungkin talkshow/diskusi/customer service atau apapun agar lebih dekat dengan konsumen dan konsumen tidak ragu mengenal lebih jauh terhadap Bukalapak. Keramahan punggawa Bukalapak akan meningkatkan kekuatan mulut ke mulut. Selain itu, acara seperti ini juga bisa meningkatkan pendapatan dari sisi offline untuk mendukung penjualan online.
  • Mempertahankan branding dan meningkatkan kualitas. Image pertama yang aku tangkap dari Bukalapak adalah MURAH. Kenapa? Karena rekomendasi dari adik yang kebetulan maniak belanja online. Katanya, kalau mau belanja online yang murah ke Bukalapak aja, Mbak. Namun terkadang yang ditangkap masyarakat justru tidak percaya diri dengan harga murah karena khawatir akan kualitas dan pelayanannya. Nah, Bukalapak harus meyakinkan bahwa meski murah tapi tidak murahan diimbangi dengan kualitas produk dan pelayanan termasuk menghadapi complain.

Masih Sangsi #BukaHariIni dengan Bukalapak?

Mengunduh aplikasi Bukalapak tidak hanya membuka inspirasi kebaikan. Hanya berkorban memori sekitar 80 MB tapi akan mendapatkan berbagai kemudahan, keuntungan dan keceriaan. Ini cerita dari aku.

Petang itu, suami tiba-tiba berkenyit mendapat notifikasi kalau paket internet akan habis dan diperpanjang tengah malam. Padahal kami baru saja melakukan perjalanan ke luar kota yang meletihkan. Malas banget untuk keluar lagi mencari pulsa jelas terlihat jelas dari rautnya sedangkan dia butuh koneksi lancar untuk mendukung pekerjaannya.

Taraaa… seperti pahlawan kesiangan, aku datang menawarkan pulsa.

“Emang bisa?”
“Bisa donk kan punya aplikasi Bukalapak.”

Dengan kode PULSAMURAH transaksi nominal 100 ribu berhasil. Untungnya aku hanya membayar 99 ribu rupiah dapat cashback Rp 7.920. Suami senang karena koneksinya tak jadi terganggu dan aku pun senang karena dapat double untung haha…

Nah, untuk yang belum bayar BPJS atau PDAM bisa menggunakan kode IRITTERUS untuk cashback hingga 30%. Sudah tidak ragu mempercayakan pembayaran tagihan ke Bukalapak kan?

Bukalapak yang diluncurkan 10 Januari 2010 merupakan market place yang kredibel. Pastinya belum move on dari ASIAN GAMES 2018 kan? Nah, Bukalapak menjadi salahsatu sponsor utama. Suka sepakbola? Bukalapak juga menjadi sponsor Liga 1. Itu beberapa bukti situs belanja online ini bonafit.

Selain belanja berbagai kategori baru maupun bekas, perjalanan kita lebih mudah untuk pesan tiket, pembayaran tagihan dan isi pulsa termurah, berbagai pinjaman dan buka investasi hingga bisa menjadi mitra Bukalapak yang berada dibawah CEO Achkmad Zaky ini. Termasuk jika mau mendapatkan pendapatan tambahan.

Jadi, apapun kebutuhan atau hobi atau impian kamu #BukaInspirasi di Bukalapak dulu aja, yuk.

Segera download aplikasinya agar lebih mudah bertransaksi dimana saja dan kapan saja. Jangan lupa pakai kode referral berikut biar dapat tambahan credit.

RINA_DARMA131REB

Share juga cerita buka inspirasi Bukalapak kamu ya.

*Referensi:

Perbedaan UMKM dan Perkembangannya di Indonesia
Bukalapak

**Grafis diolah dengan Canva

2 pemikiran pada “Pingin Tambahan Penghasilan, #BukaInspirasi Dulu Aja di Bukalapak

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.