#SayaNgeblogKarena…

Selamat Hari Blogger Nasional 2016😘
Selalu ada harapan baru di hari istimewa. Selalu ada rencana dan flash back di moment special. Dan, selalu ada langkah dengan new spirit mengikutinya…

Blog dari sekedar catatan pribadi perlahan menjadi profesi. Ia pun dilirik sebagai media promosi. Tak kemana-mana tapi ada dimana-mana, begitulah blogger. Lewat tulisannya, seorang blogger bisa mendunia.

Di hari jadinya yang ke-sembilan, 27 Oktober 2016, semua blogger di Indonesia pasti mempunyai mimpi-mimpi baru. Mimpi yang diiringi dengan langkah-langkah pasti memajukan dunia blogging. Membangun kredibilitas blog agar lebih bertanggung jawab konten maupun penulisnya.

Sembilan tahun sejak Bapak Muhammad Nuh, Menteri Komunikasi dan Informatika kala itu mewadahi sebuah acara yang menyatukan blogger di Indonesia, dunia blogging berkembang begitu pesat. Di hari blogger ini, saya menjadikan sebagai ajang refleksi untuk menjawab kenapa saya nge-blog? Saya nge-blog karena…

Kira-kira empat tahun lalu saya membuat blog ini. Awal tujuan adalah menulis tentang jurnalistik. Rencananya menjadi blog rujukan bagi yang tertarik di bidang ini. Ehh… ga tahunya belum juga merangkak sudah vakum, alasannya sibuk kerja dan tak ada waktu mengurusnya.

Baru sekitar dua tahun kemudian, blog ini menggeliat kembali. Yakni karena perubahan status menjadi ibu rumah tangga yang membutuhkan saluran untuk hobi menulis. Terlebih banyak lomba menulis blog *mungkin ini alasan utamanya:mrgreen:

Blog pun berubah haluan 180 derajat dari bertema jurnalis menjadi campursari alias tidak jelas. Isinya pun tidak bertema, kebanyakan menulis blog hanya karena mengikuti lomba. Setahun kemudian buku Mbak Carolina Ratri yang berjudul Blogging: Have Fun Get The Money menyentil saya. Dari situ saya banyak belajar *meski sampai sekarang belum selesai membacanya karena langsung belajar mengaplikasikan hihi…

Blog yang berdomain nama saya, saya putuskan menjadi personal blog dengan tagline hobi saya yakni menulis, merajut, melakukan perjalanan, dan berkebun. Happy writing, walking, kniting, yang gardening.

Setelah bermuhasabah, rasanya saya pribadi masih jauh dari disebut blogger. Namun, perlahan saya sedang berusaha menjadi seorang blogger. Kesimpulan dari instropeksi itu, seorang blogger butuh:

Niat dan tujuan. Tanpa niat dan tujuan selalu ada justifikasi ketika kita malas posting tulisan. Namun begitu niat dan tujuan nge-blog terpatri dalam hati tidak akan ada alasan lagi seperti disibukkan oleh pekerjaan di kantor maupun sebagai ibu rumah tangga atau kesibukan yang lainnya.

Konsisten. Ajeg dalam melakukan posting ini penting untuk menilai kredibilitas suatu blog. Bagaimana mungkin seseorang akan menjadikan blog sebagai sebuah rujukan jika postingannya hanya kadangkala…

Curiosity. Rasa ingin tahu alias kepo yang bersifat positif akan membuat seorang blogger terus belajar. Bahan tulisan pun selalu berkembang sehingga pembacanya tidak hanya visitor yang numpang lewat. Namun, loyal dan selalu menanti postingan selanjutnya.

Bertanggungjawab. Internet dewasa ini sudah banyak dijadikan bahan rujukan dalam segala aspek. Untuk itulah pentingnya isi tulisan yang dapat dipertanggung jawabkan. Bukankah kita ikut bersalah ketika seseorang mengutip tulisan kita namun ternyata itu adalah tulisan yang ngawur atau sekedar copy paste.

#SayaNgeblogKarena… ingin berbagi

Kalau kamu?

4 pemikiran pada “#SayaNgeblogKarena…

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.