Hobi Koleksi Perangko dan Kartu Pos

Kalau ditanya mengenai barang yang suka dikoleksi di tantangan BPN30daychallenge2018 hari ke -11 ini, saya menjawab suka mengumpulkan perangko dan kartu pos.

Hobi mengumpulkan perangko atau yang dikenal dengan nama filatelis, jadul banget ya! Yup, karena sekarang rasanya aktivitas surat-menyurat dengan media amplop dan perangko sudah jarang banget hampir tak pernah dilakukan.

Koleksi perangko terakhir saya adalah perangko piala dunia 2010 Brazil. Perangko sih sebenarnya, paling banyak saya dapat dari Bapak, apalagi kalau lagi musim Idul Fitri, panen perangko banget. Terakhir panen, kebetulan tahun 2010 saya pernah membantu dosen di bidang kesekretariatan. Kegiatan surat-menyurat ke instansi ini menjadi aktivitas harian. Perangko-perangko bekas pun saya comot dari amplop.

Usai memutuskan merantau dan dunia beralih ke seluler, aktivitas mengumpulkan perangko sudah berhenti sampai akhirnya di penghujung tahun 2013 dapat surprise kumpulan perangko dari zaman jadul dari calon suami (sekarang sudah sah). Koleksi perangko tersebut saya simpan di kampung halaman.

Paling sekarang hobi mengoleksi kartu pos. Walau tak sebanyak perangko dan tidak maniak banget tapi setiap ada kesempatan memiliki kartu pos pasti saya simpan baik dan jika ada teman yang kebetulan ke luar negeri pasti saya nitip. Terakhir saya dapat dua kartu pos dari Jepang.

Oleh-oleh dari Jepang

Kalau hobi mengoleksi kartu pos ini awalnya waktu menghadiri acara Bienale, Pameran Seni dan Budaya di Taman Budaya Yogyakarta sekitar tahun 2010. Saya dapat kartu pos dari perusahaan rokok yang kebetulan jadi sponsor. Entah mengapa, kartu pos itu sangat berkesan dan terus saya simpan.

Dua tahun kemudian (kalau tidak salah ya), waktu booming Film Habibie dan Ainun, saya mendapat kartu pos di pemutaran perdana di Episentrum. Sejak saat itu saya suka kepincut buku yang menawarkan hadiah kartu pos bertandatangan penulis.

Baru akhir-akhir ini saat traveling ke luar negeri menjadi gaya hidup, saya suka nitip ke teman.

Btw, kalau Kalian hobi mengoleksi perangko atau kartu pos juga, boleh banget lho kalau ada yang mau nambahin kartu pos buat saya hihi…

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.